flash back

Halo teman - teman,
Assalamualaykum.

ceritanya saya sekarang sedang jarang - jarangnya update tulisan di blog ini. bukan, bukan karena sudah malas, lhawong sekarang blog ini sudah saya upgrade domainnya menjadi lebih top lagi kok (re: okkyoctora.com), kenapa harus malas?

hal ini lebih dikarenakan beberapa minggu ini saya tengah disibukan oleh urusan perkuliahan. yaitu urusan dimana saya akan diminta lebih dari sekedar pertanggung jawaban di dalamnya (paling tidak menurut saya seperti itu), menjadi Asisten Laboratorium!!

Asisten laboratorium Absorbsi

bagi saya, yang hanya seorang mahasiswa biasa, dengan indeks prestasi ala kadarnya, tidak pernah terfikir sedikitpun bisa menjadi seorang asisten laboratorium (aslab). aslab di kampus saya ibaratnya sama dengan titel asdos. hanya orang - orang terpilih dengan akademik berlebih yang bisa mendapatkan profesi tersebut. walaupun sebenarnya saya mendapatkan titel ini dengan jalan aji mumpung, tetap saja saya tidak pernah menyangka.

menjadi aslab merupakan pengalaman baru bagi saya. berbeda dengan profesi sebelumnya di ranah himpunan, menjadi aslab lebih menuntut kearifan lokal. karena harus lebih njawani. (iya, orang jawa identik dengan sabar, ini juga menurut saya lho, yang bukan jawa ndak usah protes). menjadi aslab, berarti kamu siap mengorbankan waktu yang lebih untuk praktikan. waktu buat pretest, waktu buat nemenin praktik, dan waktu buat post test. dengan berbagai aktivitas yang seabrek itu, saya akhirnya sadar, ternyata berperan sebagai mahasiswa kupu - kupu itu capek juga. maksud saya, tentu saja kupu - kupu yang hyperaktif. bukan kupu - kupu macam kalian yang cuma mengharap pesangon dengan alibi kuliah, padahal tiap hari kerjaannya cuman ngepes.

oke, kita sudahi saja pembahasan tentang kupu - kupu ini..

saya kebetulan diamanahi menjadi aslab absorbsi, salah satu mata praktikum dari operasi teknik kimia. menjadi aslab absorbsi susah susah gampang, karena sebenarnya saya mendaftar pertamakali untuk mengampu materi leaching, bukan absorbsi. selain saya belum pernah praktik materi ini sebelumnya, menjadi aslab absorbsi juga harus siap bertemu pengampu yang super. tersebut bapak Endy Yulianto, salah satu dosen tercerdas dan tersusah ditemui di kampus. tetapi apa boleh buat, saya harus menerima kesepakatan dan tantangan ini.

materi oeprasi teknik kimia (OTK), dibagi menjadi 8 submateri. diantaranya adalah absorbsi, leaching, drying, perpindahan panas, filtrasi, distilasi, mixing, dan size reduction. semuanya memiliki tingkat kesulitan dalam aplikasinya sendiri sendiri. tetapi bagi saya yang tersusah tentu saja distilasi dan perpindahan panas. paling tidak saya cukup merasa beruntung tidak mendapatkan keduanya, walaupun saya mendapat materi tersusah nomer tiga, absorbsi.

absorbsi sendiri adalah operasi penyerapan suatu zat, baik dalam bentuk fisik ataupun kimia. absorbsi biasanya digunakan untuk menghasilkan suatu zat baru dengan perbedaan fase yang signifikan. absorbsi sangat bermanfaat dalam industri kimia, contohnya adalah pembuatan formalin dari gas formal dehid.

alat yang saya gunakan untuk mendukung praktikum absorbsi adalah seperangkat alat absorbsi yang terdiri dari tangki pengabsorb, kolom absorber, dan tabung gas. sedangkan bahan yang digunakan adalah cairan natrium hidroksida sebagai pengabsorb, dan gas karbondioksida sebagai zat yang akan diabsorb. nantinya setelah melalui proses absorbsi, akan terbentuk zat baru yang dinamakan natrium karbonat.

...

oke, mungkin sebagian dari teman teman yang membaca tulisan ini akan sedikit bingung. karena saya pun demikian, secara saya belum pernah melaksanakan praktik ini sebelumnya. dulu ketika saya semester 5 saya tidak mendapatkan materi ini ( re : absorbsi ). dan karena alasan yang demikian, maka saya tidak akan berpanjang lebar lagi menjelaskan fenomena absorbsi yang terjadi.

seperti yang saya katakan sebelumnya, tulisan ini hanya sebagai penanda. bahwa saya akan aktif kembali menulis di laman ini, sebelum saya akan disibukkan kembali ke masalah perkuliahan (perlu teman teman ketahui, sebentar lagi saya sidang lho hehe ). semoga dan semoga.

ps: saya sekarang sedang sakit, saya rasa sedikit demam. mohon doanya semoga cepat disembuhkan :).





Comments

Popular posts from this blog

tahap seleksi indonesia power 2016

dear mamah puan, jangan mau jadi ndeso

Jangan takut repot di jalan