belajar konsisten dengan goodreads


Awal tahun adalah awal untuk perubahan. Begitupula dengan saya, yang berniat untuk mengawali tahun 2016 ini dengan tekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Pada prinsipnya, Jangankan pergantian tahun, pergantian waktu sekecil apapun harus kita upayakan untuk terus berubah menjadi yang lebih baik. Hal ini pernah saya bahas di tulisan sebelumnya : resolusi 2016

Awal mengenal goodreads adalah ketika saya iseng scroll timeline di twitter. Pada saat itu ada seorang penulis yang saya follow berkicau tentang kebiasaannya membaca, juga tekad seberapa banyak buku yang akan dia baca di tahun 2016 ini. Kicauan itu menarik, terlebih bagi saya yang juga merupakan pecinta buku (walaupun masih newbie).

Karena kepo, saya baca lebih lanjut timelinenya. Dia menceritakan, walaupun sebagai seorang penulis, terkadang masih saja suka malas untuk membaca buku. Padahal kebiasaan membaca buku adalah kegiatan yang wajib untuk menunjang pekerjaannya, terlebih dia merupakan full-time writer. Lalu kemudian dia diperkenalkan dengan sebuah aplikasi oleh sesama penulis. Katanya, dengan aplikasi tersebut keinginan untuk membaca bisa lebih ditingkatkan. Aplikasi yang dimaksud adalah goodreads.

-ooo-

Berbekal informasi tersebut, saya mencari info di sana - sini, juga membaca cara pemakaiannya, akhirnya saya memutuskan untuk menginstall aplikasi goodreads di android saya. Goodreads sendiri digunakan seperti sosial media pada umumnya. namun penggunaannya lebih dikhususkan kepada para pecinta buku, atau orang yang ingin mulai mencintai buku. pemakaiannya cukup sederhana, dengan navigasi yang mudah dicerna juga.


Di tombol samping banyak navigasi penunjuk. Antara lain view profile, updates feed, my book, scan barcode, recommendations, best books, friends, reading challenge, dan groups. Semuanya memiliki fungsi masing - masing. dan tentu saja semuanya mudah untuk digunakan.

view profile


tombol ini digunakan untuk menampilkan profile diri. Mulai dari seberapa banyak teman, dan grup. (Saat ini saya belum mempunyai teman dan grup satupun,). Selain itu di menu profile ini, dapat dilihat juga informasi mengenai seberapa banyak buku yang telah dibaca, sedang dibaca, dan akan dibaca. Bagi saya informasi itu sangat penting untuk memanage kualitas baca kita.

updates feed

Selanjutnya ada updates feed. Seperti halnya sosial media pada umumnya, tombol ini menunjukan timeline dari teman - teman kita.

My books

sama seperti di menu profile, untuk menunjukan informasi mengenai seberapa banyak buku yang telah dibaca, sedang dibaca, dan akan dibaca.

Scan Barcode

sebuah buku, pada umumnya tertera barcode di sampul bagian belakang. menu Scan barcode ini berfungsi untuk mempermudah input buku yang dibaca. Untuk scan barcode ini menurut saya belum terlalu sempurna, karena terkadang ada buku yang sudah dicetak ulang dan memiliki kode yang berbeda dari sebelumnya, sehingga pembacaan barcode tidak bisa dilakukan. Hal ini terbukti dari beberapa buku saya yang tidak bisa terbaca

Reccomendations

Setelah kita mendaftarkan diri di goodreads, kita akan mendapatkan pertanyaan seputar genre buku apa yang kita sukai. Setelah menginput beberapa daftar genre, fungsi reccomendations ini akan jalan menawarkan buku - buku sesuai genre yang telah kita input. Disini kita juga bisa memberikan rating terhadap kualitas buku dengan memberikan sejumlah bintang.

Best books 

Menu ini menampilkan buku - buku terbaik, sesuai genre selama satu tahun terakhir. Untuk tahun ini goodreads menampilkan Best books of 2015.

Friends & Groups

Sengaja saya jadikan satu karena memiliki fungsi yang sama. menampilkan daftar teman dan grup yang kita ikuti. Berhubung dari teman - teman saya tidak (belum) ada yang memakai aplikasi ini, maka saya sendiri dulu saja.

Reading challenge

Ini adalah menu terbaik bagi saya. Karena dengan menggunakan menu ini, kita bisa memastikan seberapa banyak buku yang ingin kita baca selama setahun. Selain menantang diri sendiri, kita juga bisa saling menantang dengan teman. Menu ini akan menguji konsistensi pemakai dengan terus mencatatkan jumlah buku. Tentu saja dibutuhkan kejujuran sendiri oleh pembacanya.

Tahun ini insyaAllah saya bertekad menyelesaikan 50 buku. Jumlah yang cukup sedikit mengingat ada 366 hari sepanjang tahun ini. Tapi tidak mengapa, karena saya mengincar konsistensi. Semoga tahun 2017 bisa lebih saya tingkatkan.

Salam BookLovers :)

Comments

  1. Bagi saya Goodreads bisa jadi rekaman mengenai buku yang sudah dan ingin saya baca. Selain itu, reading challenge juga jadi penyemangat biar konsisten baca.

    Semangat! Semoga challenge-nya terpenuhi! :)

    ReplyDelete
  2. Wah! Targetnya luar biasa! Aku sebuku sebulan aja belum tentu kelar. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe buat memotivasi aja, mumpung lagi awal tahun. semoga kelar deh :D. wah nggak papa kok, yang penting jangan tinggalin buku aja :)

      Delete
  3. Happy reading kak :)Semoga challenge nya tercapai :D

    ReplyDelete
  4. saya baru tau kalau ada aplikasinya di android btw thanks for sharing ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga baru tahu kemarin dan baru memakainya juga hehe. sama - sama :D.
      btw saya mas bukan mbak hehe ;)

      Delete
  5. Wah saya juga ikutan tertarik membuat goodreads jadinya, Mas.
    Terlebih saya ingin meningkatkan intensitas bacaan saya tahun ini hehe.
    Terima kasih mas untuk infonya.
    Ohiya, baca bukunya gratis kan ya? Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ayo pada bikin hehe
      siiip sama - sama
      eh ini bukan aplikasi baca loh, cuma aplikasi buat menambah semangat baca. kalau mau gratis, pinjem sama temen :p

      Delete
  6. Saya juga sudah lama bak baca buku. Ada saja alasannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk dibudayakan sering baca buku. minimal sebelum bobo :)

      Delete
  7. Gua punya nih akun goodreads. tapi gatau cara pakenya. jadi jarang buka deh.

    ReplyDelete
  8. sudah punya akun di goodreads dan dpt newsletternya tp gak aktif niih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaah aktifin dong mbak hehe. nanti kita berkawan :D

      Delete
  9. Target 50 buku dalam 1 tahun, bagi saya adalah sesuatu yang luar biasa mengingat gak pernah kelarin baca 3 buku dalam setaun xixixixi :)

    Semangat mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, saya juga sedikit ragu. tapi kalo nggak gini saya nggak bakal ngerti batasan kemampuan saya hehe. doain ya mas :D

      Delete
  10. Udah maluu buka akun goodreads aku...tiap tahun reading challenge gatot melulu... :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dicoba dari yang level "easy" dulu mak. alon - alon asal kelakon hehe. dan nggak perlu malu juga sih, masih lebih baik daripada tidak membaca sama sekali kan.
      it means, bukan berarti yang selama hidupnya tidak membaca itu nggak baik ya. taulah yang saya maksud hehehe :)

      Delete
  11. Wahhh.. Happy reading ya mas! Butuh perjuangan emang.
    Lha.. Aku sebulan bisa baca satu novel juga alhamdulillah.
    Kebanyakan baca komik soalnya XDDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. happy reading for you to, nin :D
      eits, jangan salah.. membaca komik itu juga bermanfaat loooh. saya sendiri mulai membaca buku - buku yang berat itu diawali dengan membaca, menghayati, danmenikmati komik hehe. :P

      Delete
  12. wess...berguna ni aplikasi. bru tau ada aplikasi goodreads. yg hobi bca psti seneng dgn adanya aplikasi ini....

    ReplyDelete
  13. Wahhh, langsung instal nih :D
    Ada juga tempat baca + nulis cerita kaya blog lagi. Tp kebanyakan newbie. Nama aplikasinya Wattpad kalo gak salah.
    Tp goodreads kayanya lebih oke nih.
    Nice post. Keep writing

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wattpad hahahaha if you know what i mean. nostalgia lama hehehe :p
      sebenarnya ini cuma aplikasi penanda saja, kalo mau baca buku coba aplikasi besutan google deh. :)

      Delete
  14. kalo pake goodreads gitu bisa buat mbaca buku apa aja y kak? itu gratis kak? waah instal lgsng ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu saya jelaskan lagi, kamu nggak bisa membaca buku disini. hanya saja ini sebagai penanda buku apa saja yang pernah kamu baca. update buku terbaru, bahkan mencari buku yang lawas. begitu hehe :)

      Delete
  15. Wah, bisa dicoba nih. Tapi, saya sendiri belum kuat baca buku-buku berat yang kayak kamu baca. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa, buku se enteng apapun itu, pasti akan ada kebermanfaatan di dalamnya hehe. bahkan buku komedi, komik dan sejenisnya pun tentu ada. Awalnya saya giat membaca juga dari komik kok, nah dari komik itu mulai timbul rasa cinta ke novel, sastra, puisi -puisi dll.
      Semangat, jangan pernah merasa tidak bisa kalau belum mencoba. langkah awal pasti selalu berat, langkal selanjutnya insyaAllah akan seringan kapas ;)

      Delete
  16. Aku pikir goodreads aplikasi yang bisa baca buku lewat online gitu ternyata bukan ya. Ternyata cuma aplikasi penghitung buku yang sudah pernah kita baca, tapi canggih juga ya nandainnya lewat scan barcode gitu.

    Semoga target baca bukunya tercapai, kalau bisa melampaui target lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukaaaaaan, masih banyak kok aplikasi baca buku online. cari aja gi google play store hehehe. iya asal ada ISBN dan terdaftar secara resmi insyaALlah bisa ter scan kok.

      siiiip, the game is on :)

      Delete
  17. Gue baru tau ada aplikasi gini, *gaptek bgt.

    Kayaknya patut di coba nih,x langsung download lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat, anda sudah mengetahuinya heheheu :p

      yok di download, mari budayakan membaca :)

      Delete
  18. wahh keren tu. aku pernah denger sih aplikasi ini. tp belom pernah nyobain..

    50 buku dalam setahun itu cucok lah buat pecinta buku :)

    dulu pernahada tantangan baca buku gitu d blog. dan gw cm selesai 2 postingan.hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain deh, bagus kok hehe

      saya cuman pengen menantang diri sendiri dulu, hasilnya?
      tunggu postingan tahun depan ya hehe

      Delete
  19. wah, keren juga aplikasinya. bener bener memacu kita untuk bisa membaca banyak buku. gokil emang.

    mau ah nyoba downloiad

    ReplyDelete
  20. beneran tu mau baca 50 buku?. semangat deh.
    kayaknya menarik nih aplikasinya. mungkin ntr nyempetin download lah.

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar yang baik, maka kebaikan akan kembali padamu :)

Popular posts from this blog

tahap seleksi indonesia power 2016

dear mamah puan, jangan mau jadi ndeso

Jangan takut repot di jalan